Thawaf Salah Satu Rukun Umroh - mediahajiumroh.com |

Jumat, 01 Februari 2019

Thawaf Salah Satu Rukun Umroh


Thawaf Salah Satu Rukun Umroh



Thawaf ada 4 (empat) yaitu Thawaf Qudum, Thawaf Wada, Thawaf Sunat dan Thawaf Ifadah. Thawaf itu sendiri merupakan kegiatan mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali. Merupakan salah satu amal ibadah yang dilakukan oleh umat islam ketika pelaksanaan ibadah Haji atau Umroh.

Cara Thawaf

Adapun cara melaksanakan thawaf sebagaimana tawaf lainnya, thawaf ifadhah dilakukan dengan tujuh kali putaran. Setiap putaran tersebut merupakan rukun.
  1. Wajib bagi yang mampu untuk berjalan dalam melakukan thawaf, demikian pendapat mayoritas.
  2. Disunnahkan untuk melakukan raml (adalah jalan cepat dengan memperpendek langkah)
  3. Disunnahkan  idh-thibaa’ yakni membuka bagian pundak kanan, ini berlaku bagi yang melakukan sa’i setelah itu. Jika tidak, maka tidaklah disunnahkan.
  4. Setelah melakukan tawaf diwajibkan melakukan shalat dua raka’at menurut jumhur, sedangkan menurut Syafi’iyah dianggap sunnah.

Wajib Thawaf

  1. Bersih dari hadast besar dan kecil.
  2. Suci pakaian, badan dan tempat dari najis.
  3. Menutup aurat.
  4. Kakbah berada di sebelah kiri orang yang thawaf, dan tidak boleh lewat di atas Syadzarwan (pondasi Kakbah) dan bagian dalam Hijir lsma’il, karena Syadzrawan dan Hiiir lsma’il itu bagian dari Kakbah.
  5. Memulai thawaf dari Hajar Aswad.
  6. Melakukan thawaf tujuh kali putaran sempurna dimulai dari hajar aswad dan diakhri di hajar aswad, karena Nabi saw melakukannya tujuh kali putaran.
  7. Melakukan thawaf di dalam masjid yaitu sekitar Kakbah dan syadzrawan (fondasi Qa’bah)

Sunah Tawaf

Pada thawaf pertama, kedua dan ketiga belari kecil, dan pada thawaf keempat, kelima, keenam dan ketujuh berjalan kaki biasa.
  1. Mencium Hajar Aswad atau mengusapnya dengan tangannya
  2. Mengusap Rukun Yamani dengan tanganya lalu menciumnya (tanyangnya)
  3. Memperbanyak do’a dan zikir, dan sebaik baiknya do’a ketika thawaf
  4. Mendekatkan diri dengan Ka’bah ketika tawaf jika mampu. Hal ini untuk mengambil barakah dan memudahkan untuk memberi salam atau menciumnya.
  5. Melakukan shalat sunah dua raka’at di Maqam Ibrahim setelah thawaf.

Makna Thawaf :

  1. Thawaf Qudum ialah thawaf selamat datang, yang dikerjakan ketika baru datang di kota Makkah bila mana tidak dikerjakan haji atau umrahnya tetap sah, karana hukumnya sunnah.
  2. Thawaf Ifadhah ialah thawaf yang termasuk rukun haji, bilamana tidak dikerjakan maka hajinya tidak sah karena hukumnya wajib.
  3.  Thawaf sunah ialah thawaf yang bila dikerjakan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan tidak berdosa.
  4.  Thawaf Nadzar ialah Thawaf yang dilakukan karena punya nadzar
  5. Thawaf wada' ialah sebagai tawaf terakhir, (tawaf selamat tinggal ) tawaf yang dikerjakan ketika akan meninggalkan kota Mekkah, sedangkan hukumnya wajib, jika tidak mengerjakan maka harus membayar Dam (denda). Bagi Jamaah yang belum melakukannya, belum boleh meninggalkan Mekkah,
Setelah mengerjakan tawaf dalam umroh kemudian melaksanakan sa’i dari bukit Shafa ke bukit Marwah yang  jarak keduanya sekitar 405 meter.



Follow Us